Pages

Labels

Jumat, 03 Agustus 2012

Bagian-Bagian Udara

Bagian Udara, Udara, Bagian-Bagian atmosfir, atmosfir
Udara ada dan menyelimuti bumi yang terkandung dalam atmosfer. Udara sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup mahkluk di bumi. Udara tersusun atas campuran gas-gas, debu, dan uap air. Campuran gas-gas dalam udara tidak berwarna dan tidak dapat dilihat. Oksigen memegang peranan yang sangat penting untuk bernafas bagi semua kehidupan di bumi.
1. Gas Nitrogen (N2) merupakan kandungan yang terbesar dalam udara yaitu sekitar 78%. Nitrogen sangat penting untuk tumbuh-tumbuhan karena nitrogen sebagai bahan utama penyubur tanah. Tumbuhan sebagai penghasil oksigen di dunia, sehingga segala hewan dan manusia sangat membutuhkan tumbuhan. Jadi gas nitrogen sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dan tumbuhan sangat dibutuhkan oleh hewan dan masusia sebagai penghasil oksigen. untuk kelangsungan hidup manusia.
2. Gas oksigen (O2), merupakan gas yang diperlukan untuk pembakaran makanan dalam tubuh makhluk hidup. Pembakaran tersebut menghasilkan energi dimana energi ini dibutuhkan untuk melakukan segala aktivitas manusia.
3. Karbon dioksida (CO2) merupakan gas hasil pernapasan. Gas ini sangat diperlukan tumbuhan untuk proses fotosintesis. Dalam udara, karbon dioksida berfungsi sebagai penyimpan panas yang dipancarkan oleh bumi. Jika di atas permukaan bumi tidak ada karbon dioksida, bumi akan menjadi sangat dingin. Namun jika terlalu banyak karbon dioksida maka permukaan bumi akan menjadi sangat panas.
4. Gas mulia dapat berupa argon (Ar), kripton (Kr), neon (Ne), atau xenon (Xe) merupakan gas-gas yang sulit bereaksi dengan unsur-unsur lain. Neon dan argon banyak digunakan untuk mengisi bohlam (lampu pijar).
5. Gas lain dapat berupa hidrogen dan ozon. Helium (He) dan hidrogen (H2) merupakan gas yang sangat ringan. Oleh karena itu, dalam atmosfer letaknya di lapisan bagian atas. Gas-gas tersebut sering digunakan sebagai pengisi balon. Di matahari, terjadi reaksi fusi (penggabungan) gas-gas hidrogen menjadi helium. Dari reaksi tersebut dihasilkan energi yang sangat besar. Energi inilah yang merupakan sumber energi bagi kehidupan di bumi.
6. Ozon (O,) merupakan salah satu bentuk molekul oksigen. Gas ozon terletak di bagian adalah cahaya matahari yang mempunyai energi sangat tinggi. Sinar ini sangat berbahaya jika yang sampai di bumi terlalu banyak

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Blog Archive